Pidie Jaya Diguncang Gempa 6,5 SR

 DJATI FM Banda Aceh,  07-12-2016 21:34:53

  

gempa pidie

RadioDjatiFM.Com – Rekan Djati, sebuah gempa tektonik berkekuatan 6,5 SR mengguncang wilayah Pidie Jaya, Aceh. Gempa terjadi pada hari Rabu, (7/12) pada pukul 05.03 WIB, dengan kedalaman 15 km. Menurut pernyataan Badan Meteorologi, Klimatologi & Geofisika (BMKG) beberapa saat lalu menyatakan pusat gempa terletak pada 5,24 lintang utara dan 96,24 bujur timur, pada jarak 106 kilometer arah tanggara kota Banda Aceh. Gempa ini tidak memicu tsunami.

 

Gempa yang terjadi kurang lebih 15 detik ini membuat manyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Laporan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rekan Djati, mengatakan sejumlah rumah dan bangunan roboh. Sedikitnya 10 ruko, 4 rumah, dan beberapa tiang listrik di daerah Pidie Jaya roboh. Tim Reaksi Cepat BPBD sudah berada di lokasi untuk mendata dan membari bantuan pada masyarakat.

 

Kepala BPBD Pidie Jaya, Puteh Manaf mengatakan hingga sore ini, 94 orang tewas, 1 orang hilang, 128 orang luka berat, 489 orang luka ringan, dan ratusan bangunan rusak. Proses evakuasi korban gempa terkendala alat berat karena lokasi gempa yang gelap gulita akibat 84 trafo rusak berat di tiga area wilayah Aceh.

 

Untuk membantu korban gempa, lanjutnya, Mensos menyalirkan bantuan Rp 2 Milyar. Selain itu bantuan juga datang dari Kemenkes yang menurunkan 138 orang tenaga medis.


Penyebab Gempa

Rekan Djati, pakar Gempa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Gayatri Indah Marliyani menjelaskan, guncangan berkekuatan 6,5 SR yang terjadi di Pidie Jaya, Aceh, pagi tadi merupakan dampak dari aktivitas sesar aktif di wilayah tersebut. Guncangan gempa terasa kuat di daerah Piidie Jaya, karena di wilayah tersebut dekat dengan pusat gempa yang tersusun oleh bebatuan yang tidak kompak.

 

Dijelaskannya juga, pergerakan sesar aktif yang terjadi bersidat mendatar dan dekstral. Pergerasakan sesar yang bersifat mendatar yang terjadi di kedalaman dangkal, maka gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Meski demikian Rekan Djati, gempa ini sifatnya merusak, karena kedalamannya dangkal dan terjadi di kawasan padat penduduk.

супермаркет лобановский Лобановскийотзывы wobsалександр лобановскийсколько стоитпланшеты какойкомпания оооcertified translationoltatravel document translation ratesbusiness translation serviceреклама магазинов одеждыстоимость интернет рекламывелосипед магазин киевdeeoкласс лобановский харьковэтапы продвижения сайтадетские игрушки одессаРегистрируемся в Яндекс Каталогеarabic translations to english

Tags: , , , , ,

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN