Museum Digital Banda Aceh

 DJATI FM Banda Aceh,  18-01-2017 17:00:34

  

museum-digital_20160125_111354

 

RadioDjatiFM.com – Rekan Djati, Taman Ghairah atau yang lebih kita kenal dengan Taman Sari perlahan mulai bersolek. Sebuah bangunan yang selama ini mengundang rasa penasaran warga Kutaradja, kini terjawab sudah. Bustanulsalatin namanya. Bustanulsalatin sendiri merupakan kompleks taman raja-raja kesultanan Aceh tempo dulu, seperti Taman Putro Phang, Taman Ghairah (Taman Sari), dan Gunongan. Dan yang semakin mempercantik ketiga taman ini adalah sebuah kanal buatan bernama Krueng Daroy membelah Kompleks Bustanulsalatin ini. Ketiga taman ini Rekan Djati, merupakan satu kawasan dan termasuk ke dalam situs cagar budaya. Ketiga taman ini juga berlokasi di jantung Kota Banda Aceh, yang menjadi wisata sejarah yang layak masuk dalam daftar tempat yang hwajib Anda kunjungi jika ke Banda Aceh.

 

Di Taman Sari Rekan Djati, Pemerintah Kota Banda Aceh mempersiapkan sebuah bangunan yang merupakan museum digital pertama di Banda Aceh. Nantinya, museum tersebut akan menjadi pusat pameran narasi kuni Aceh yang ditampilkan secara modern. Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Banda Aceh, Jalaluddin MT mengatakan, pembangunan museum digital merupakan bagian dari proyek revitalisasi Bustanulsalatin sebagai pusat keramaian kota. Museum Digital adalah pusat pembelajaran naskah kuno Aceh dengan penampilan modern. Narasi Aceh itu sudah di-scan dan ditampilkan secara digital.

 

Jadi Rekan Djati, selain menjaga naskah asli dari sentuhan langsung, tampilan digital tersebut menarik untuk ditonton kalangan muda. Jalaluddin MT menambahkan, bangunan tersebut didesain unik dengan ruang pamer yang tertutup rumput dan tanaman hias. Museum ini tidak seperti museum kebanyakan, ruang pamer digital tersembunyi di bawah rerumputan. Jadi bangunan tersebut ramah lingkungan dan cocok jadi tempat bersantai di akhir pekan

 

Proyek revitalisasi Taman Sari itu katanya ditargetkan selesai pada tahun ini, Rekan Djati. Bangunan fisiknya sudah mulai dikunjungi warga. Bangunannya terlihat artistik dan modern. Tak heran, jika tempat ini menjadi tongkrongan favorit kawula muda. Jika Rekan Djati tinggal di Banda Aceh, sepertinya sudah bisa melangkahkan ke tempat ini sambil mengenal sejarah kembali dalam bentuk digital.

биолсмартфоныbi системакупить асусалександр лобановскийвозрождение дцharkov.telkniga.com ru wikipediaсоздать сайт наhow to advertise my youtube channeltranslate englishраскрутка сайта ценаorsk.ru объявлениясупермаркет класскрыть высыпания макияжtranslate dictionaryнейлоновые зубные протезыкругосветное путешествие на парусной яхтецерковь мунтянавнедрение crm

Tags: , , , , , ,

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN