Pasangan Sering Membantu Keluarga Besar

 DJATI FM Banda Aceh,  20-02-2017 11:53:24

  

5

Radio Djati FM – Rekan Djati, boleh tidak ya jika pasangan sering membantu keluarga besar? Widiawati Bayu, Psikolog dari Kasandra Psychological Practice menjelaskan hal ini membuat kita peka pada kesulitan orang lain yang mana akan membuat kita memiliki sikap empati yakni dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain. Ketika menikah, bukan saja penyatuan cinta dari dua individu laki-laki dan perempuan, namun ada penyatuan dua keluarga kedua pasangan menjadi sebuah keluarga besar. Bantuan yang diminta tidak hanya masalah keuangan, namun bisa dalam bentuk barang atau meminta bantuan referensi dan lain sebagainya.

 

Amati Sejak Sebelum Menikah
Perbedaan kultur dalam keluarga sangat berpengaruh dalam hal memberikan bantuan. Ada keluarga yang saling membantu jika keluarga lain dalam kesulitan, ada juga yang enggan membantu kalau tidak diminta secara langsung, atau tidak mau membantu sama sekali karena dianggap harus mandiri atau mampu dalam hal keuangan. Hal ini harus dimengerti pasangan jika berbeda kulturnya Rekan Djati, kalau bisa jauh sebelum. Jadi, saat menikah sudah memahami kebiasaan tersebut sehingga tidak menimbulkan cekcok. Paling tidak bisa meminimalisir konflik atau tidak kaget lagi mengenali kebiasaan yang terjadi.

 

Gali terus apa yang menjadi kebiasaan keluarga pasangan, apa sistem nilai yang dianut, bagaimana konsep tentang kekerabatan, termasuk soal membiayai ipar-iparnya jika ada yang harus ditanggung. Mengapa ini penting diperhatikan? Tujuannya agar uang tersebut tepat sasaran dan tidak dipergunakan untuk hal lainnya. Diskusi dengan pasangan diperlukan untuk menghindari salah paham, perasaan tidak dihargai karena tidak diajak bicara, pikiran negatif pada pasangan, agar tidak merasa dibohongi, dan tentu saja untuk menghindari konflik.

 

Berikan Alasan
Namun, tentu saja tak semua komunikasi berjalan lancar. Ada kasus tertentu dimana pasangan tidak kompromi terlebih dahulu sehingga bantuan diberikan tanpa sepengetahuan pasangan lainnya. Bila suatu saat pemberian ini akan diketahui pasangannya dan ia tidak berkenan di hati, tentu akan membuat suasana hubungan mereka tidak nyaman. Untuk mencegah konflik diharapkan pasangan memberitahukan alasannya, yang penting alasan tersebut dapat masuk akal. Konflik suami istri ini diharapkan tidak berlarut-larut dan tidak perlu melibatkan anggota keluarga lain terutama tidak melibatkan anak. Rekan Djati harus bersikap bijaksana dan melokalisir persoalan hanya untuk mereka berdua.

моноподы купитькупить процессоротзывы wobsзаказать ноутбукcrm системыноутбук какникас официальныйrestoarkov интернет реклама сайта организацияуслуги раскрутка сайтаmalibuclub продвижение сайтов дешеворазработка сайтов нижний новгородdeeoвладимир мунтян пасторportuguese translatorcargo shipping companiesгугл,профессиональная косметикастепень жесткости щетины

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN