Pemandian Alam Bah Damanik di Pematangsiantar

 DJATI FM Banda Aceh,  11-02-2017 04:14:22

  

4e3fd3ea89ce712595662e0099f87296

 

Radio Djati FM – Pematangsiantar merupakan salah satu kota di Sumatera Utara dan menjadi kota terbesar kedua setelah Medan. Kota yang dikenal dengan keberadaan Patung Dewi Kwan Im di Vihara Avalokitesvara ini juga memiliki beragam objek wisata menarik, salah satunya Bah Damanik. Perjalanan empat jam dari Medan kelak terbayar saat Rekan Djati melangkahkan kaki di Bah Damanik. Bening dan sejuknya air pemandian ini begitu menenangkan.

 

Bah Damanik adalah sebuah tempat pemandian di Sidamanik, Simalungun, Pematang Siantar. Bah Damanik atau juga ada yang menyebutnya Aek Manik terletak di Perkebunan Teh PTPN Sidamanik, tepatnya di Kecamatan Sidamanik, Kota Pemantangsiantar. Untuk mencapai lokasi Bah Damanik, Rekan Djati akan menempuh perjalanan selama kurang lebih empat jam dari Medan. Jaraknya kira-kira 150 kilometer.

 

Airnya jernih begitu jernih Rekan Djati, dari sudut mana pun dilihat, tetap jernih dan bersih. Sungai seperti ini tentu langka ditemui di kota. Tempat pemandian bernuansa alam ini memiliki kolam berwarna biru yang dikelilingi aneka tanaman dan pepohonan rimbun. Bah Damanik juga terbagi atas dua area. Ada kolam dangkal untuk anak-anak dan dan kolam yang lebih dalam untuk dewasa. Ukuran Bah Damanik memang tidak besar Rekan Djati, tetapi kesegaran air dan suasana asrinya lah yang dicari pengunjung. Dari anak-anak hingga orang tua dapat menikmati segarnya berenang di Bah Damanik tanpa dipungut biaya.

 

Konon Rekan Djati, Bah Damanik merupakan tempat pemandian Raja Damanik. Kini, tempat pemandian ini sudah dibuka untuk umum. Meski tak lagi jadi tempat untuk bangsawan, Bah Damanik tetap terjaga dengan baik. Sambil bermain air, Rekan Djati juga dapat melihat atraksi segerombolan monyet bergelantungan di atas pohon. Bila merasa lapar setelahnya, Anda bisa menuju ke area berkemah untuk menyantap ikan bakar. Pengunjung juga bisa memancing ikan terlebih dahulu untuk kemudian dibakar. Masih di Kecamatan Sidamanik Rekan Djati, ada air terjun yang tak boleh dilewatkan, yaitu Air Terjun Bah Biak. Keistimewaan dari air terjun yang terletak di di tengah kebun teh Bah Butong adalah air yang jernih serta pemandangan berupa pepohonan serta tanaman kopi dan teh.

александр лобановскийоптимальные системные https://topodin.com/seo/post/analiziruem-glavnuyu-sajta-12-vazhnejshih-momentovотзывов сайтигрыкак использовать